Selasa, 16 April 2013

Cara Mencegah Pencurian | hack Akun Twitter

Jika kamu mempunyai akun twitter tapi hanya sekedar menggunakan saja dan tidak tahu bagaimana cara mengamankan akun tersebut dari orang-orang yang usil atau jahat.
Biasa target akun yang akan di hack adalah akun twitter yang mempunyai banyak follower, apabila kamu merasa sudah banyak follower di twitter tingkatkanlah keamanannya dan harus berhati-hati lagi untuk menggunakan akun anda, ini ada sedikit tips-tips aman menggunakan twitter dibawah ini :


1. Berhati-hatilah membuka tautan
Berhati-hatilah membuka link atau tautan yang Anda dapatkan. Banyak orang yang menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter, hingga memang sering sulit untuk benar-benar mengetahui situs yang akan Anda kunjungi. Produk keamanan web memang dapat digunakan untuk memeriksa tautan-tautan tersebut. Namun yang paling penting adalah untuk terus mengingat bahwa bila ada keraguan mengenai tautan yang Anda dapatkan, sebaiknya jangan dibuka!

2. Jangan termakan rayuan follow back
Agar dapat menipu Anda dan membajak akun Anda, seringkali para penipu akan menulis ‘Ikuti saya, maka saya akan mengikuti Anda’. Rayuan tersebut juga biasanya disusupi link berbahaya.

3. Matikan JavaScript pada browser
Beberapa virus worm pada Twitter menggunakan JavaScript untuk membajak akun Twitter. Matikan JavaScript agar terhindar dari pencurian akun twitter .

4. Gunakan Antivirus
Kalau Anda tidak mau repot, Anda gunakan antivirus. Banyak antivirus yang dapat Anda temukan melalui mesin pencari Google. Jadi, silahkan pilihlah salah satu.

5. Periksalah Aplikasi Pihak Ketiga Secara Seksama
Ada ratusan aplikasi yang dapat Anda gunakan di Twitter. Sebelum Anda menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, pastikan bahwa keamanan mereka. Carilah aplikasi-aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. Ingat bahwa aplikasi-aplikasi ini sering membutuhkan password dan username Anda

6. Informasi Password
Gunakan password berbeda untuk tiap akun jejaring sosial Anda. Bila Anda ingin lebih aman, ciptakan e-mail berbeda untuk akun-akun jejaring sosial Anda. Dengan begitu, bila Anda menutup akun jejaring sosial Anda, Anda dengan mudah dapat menghapus akun e-mail tersebut.

7. Saat Log in
Periksalah pengaturan browser yang Anda gunakan. Pastikan bahwa informasi Anda tidak terekam bila Anda menggunakan komputer bersama.

8. Waspadalah Terhadap Serangan Phising
Berhati-hatilah atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi Anda melalui tweet atau Direct Message (DM) yang menipu.

9. Gunakan aplikasi BitDefender Safego
Anda harus yakin bahwa akun yang anda ikuti bukan bot, akun bajakan atau bahkan akun palsu. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menggunakan aplikasi BitDefender Safego. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada Facebook.

10. Waspadai setiap penawaran menarik
Jika ada yang menawarkan barang gratis melalui link, misalnya beli iPad dapat rumah, Anda jangan klik link tersebut. Kemungkinan link tersebut akan mengarahkan Anda ke situs palsu yang mengakibatkan data-data pribadi Anda dicuri.

 11. Cari tahu siapa yang mengirim pesan
Para penipu biasanya suka mengirimkan pesan melalui Direct Message, @ (mention) atau notifikasi email via DM. Biasanya setiap pesan akan dicantumkan link, sebaiknya acuhkan link tersebut. Gunakan juga aplikasi BitDefender Safego agar lebih yakin.

Disqus Comments

Postingan Populer