Rabu, 27 November 2013

MARI BERINTROSPEKSI DIRI!!

- BERINTROSPEKSI DIRI-
Saudaraku muslim! Perhatikan segala keburukan yang pernah anda lakukan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya anda sedang berada dalam ancaman bahaya yang amat besar.

Introspeksilah diri anda:

Apakah setan berhasil menjerat anda dengan rintangan kekafiran? Atau barangkali dia menjerat anda dengan rintangan kesyirikan? Rintangan kefasikan atau kemaksiatan? Rintangan paham Murji’ah? Pemahaman Jabriyah?
Apabila ternyata setan berhasil menjerat anda dengan salah satu rintangan ini, ketahuilah bahwa anda tengah berada di tepi jurang kebinasaan apabila anda tidak bersegera mengintrospeksi diri dan bergegas meraih segala kebaikan yang luput.

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang diperingatkan dengan ayat-ayat Rabbnya kemudian dia justru berpaling meninggalkannya dan dilupakannya semua keburukan yang telah diperbuat oleh tangannya.” (QS. al-Kahfi: 57)

Bergegaslah, wahai saudaraku! Kerahkan kesungguhanmu, singkirkan kebiasaan banyak tidur, Banyak bermain Yang Membuat menjadi lalai dan tinggalkan bermalas-malasan. Raihlah apa-apa yang luput darimu dengan terus menuntut ilmu dan beramal. Bebaskan dirimu dari kelemahan akibat berbuat dosa dengan bertaubat, menyesali dosa, dan beristighfar dengan tekad bulat untuk melepaskan diri dari semua rintangan ini, satu persatu.

Sampai tidak tersisa lagi di hadapan setan kecuali rintangan intimidasi musuh- musuh-Nya kepadamu. Dan rintangan yang satu ini memang tidak akan ada orang yang terbebas darinya tanpa bekal sabar dan keyakinan serta senantiasa memohon pertolongan Allah ‘Azza wa Jalla untuk berjuang melawan musuh-Nya.
Apabila hal itu bisa anda raih niscaya anda akan meraih martabat yang mulia dan derajat yang tinggi di surga.

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa tinggal di dalam taman-taman surga dan sungai-sungai; berada di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.” (QS. al-Qamar: 54-55).

Wallahu a'lam. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin wa 'ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil 'alamin.

Disqus Comments