Rabu, 27 November 2013

Perkara Mubah Yang Melalaikan

PERKARA MUBAH YANG MELALAIKAN MANUSIA

Perkara-perkara mubah sebenarnya tidak apa-apa dilakukan. Hanya saja, setan terkadang berusaha menggelincirkan hamba dari arah ini. Dibuatnya hamba itu sibuk dengan perkara mubah sehingga membuatnya lalai dari memperbanyak ketaatan dan bersungguh-sungguh menyiapkan bekal akherat.

Kemudian dia akan digelincirkan oleh setan untuk meninggalkan perkara sunnah. Setelah itu setan akan kembali berusaha menggelincirkannya; dari meninggalkan perkara-perkara sunnah menuju meninggalkan perkara-perkara wajib.

Oleh karena itu al-Hasan mengatakan: “Tatkala ketakwaan itu senantiasa bersemayam di dalam diri orang yang bertakwa maka dia akan meninggalkan banyak perkara yang dihalalkan karena takut menyerempet perkara yang diharamkan.”


ats-Tsauri mengatakan: “Sesungguhnya mereka itu disebut sebagai muttaqin karena mereka menjaga diri dari sesuatu yang orang lain tidak menjaga diri darinya!”

Oleh sebab itu, berhati-hati dan waspadalah dari jebakan setan dan celah- celah masuknya yang samar-samar. Hendaknya seorang hamba senantiasa menyadari berbagai muslihat dan tipu daya yang dilancarkan olehnya.

Contoh - Contoh Perkara Mubah Yang Populer di Zaman Sekarang:

1. Bermain Game ONLINE / OFLINE Paling Banyak membuat anak2 bahkan Orang tua sekalipun  Menjadi lalai, Karena sibuk Dengan Bermain Game Yang Tidak Ada sama sekali manfaatnya.

2. Asik Dengan Jejaring Sosial seperti Facebook, Twitter, BBM dll,  Jika hal tersebut digunakan Untuk hal-hal yang Tidak ada manfaatnya, Sebaiknya tinggalkan saja, Pergunakanlah Nikmat Tersebut Sebaik-baik Mungkin, seperti digunakan untuk mencari Ilmu, Berbagi Ilmu Sesama Teman-Teman Atau Berkomunikasi Hal-hal yang positif,dll
Dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa membuat manusia menjadi lalai.

SEMOGA BERMANFAAT

Disqus Comments

Postingan Populer